ALUMNI

Info Peringkat sekolah berdasarkan nilai UTBK 2020
MWI Karangduwur memperoleh nilai memuaskan di UTBK 2020 dengan masuk 1000 besar. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT merilis Ranking 1000 sekolah berdasarkan nilai TPS UTBK tahun 2020. Pada tahun 2020 lalu, UTBK dilaksanakan secara istimewa dan berbeda karena ada dua hal, yaitu pada kondisi pandemi yang baru saja masuk di Indonesia dan sedang naik-naiknya serta materi yang diujikan hanya TPS.
Hal inilah yang membuat semua tidak terprediksi sebelumnya. Dari segi panitia harus memikirkan dan memutuskan bagaimana melaksanakan seleksi yang kredible, baik dan minim kecurangan serta harus selalu dapat mencegah penularan Covid-19.
Metode pengukuran untuk 1.000 sekolah tertinggi.
Berikut ini cara atau metode pengukuran untuk 1.000 sekolah tertinggi, sebagai berikut.
a.SLTA yang diikutkan dalam pengukuran ini adalah, SLTA yang jumlah siswanya mengikuti UTBK tahun 2020 minimal 20 orang.
b.Jumlah SLTA yang memenuhi kriteria sebanyak 6.319 sekolah.
c.Rerata nilai TPS peserta dihitung berdasarkan rerata dari nilai 4 sub tes, yaitu kemampuan kuantitatif, kemampuan memahami bacaan dan menulis, kemampuan penalaran umum, dan pengetahuan pemahaman umum.
d.Rerata nilai TPS Sekolah dihitung berdasarkan rerata nilai TPS dari peserta di sekolah tersebut. SLTA diurutkan berdasarkan rerata nilai TPS dari tertinggi hingga terendah.
e. Diambil 1.000 SLTA dengan rerata nilai TPS tertinggi.

Manfaat masuk 1000 Top Sekolah
Sebenarnya untuk apa LTMPT mengeluarkan hasil ranking sekolah UTBK 2020 ini. karena semua tidak diberi tau secara langsung apa kegunaanya tetapi kita dapat menduga bahwa mungkin ada hal penting yang menyangkut adanya perangkingan sekolah berdasarkan nilai UTBK 2020 untuk kebijakan tahun 2021 nanti.
a.Bisa jadi sebagai salah satu penilaian untuk seleksi SNMPTN 2021 nanti. Dengan bisa masuk 1000 maka ada kemungkinan nilai tambah bagi sekolahan tersebut khususnya untuk nilai sekolah pada seleksi SNMPTN.
b.Dapat menjadi alternatif siswa-siswa untuk bertanya pada kakak kelasnya dan juga bisa mengatur startegi dalam pemilihan jurusan yang benar dan peluangnya besar.
c. Sebagai apresiasi kepada sekolah yang sudah baik dalam mempersiapkan anak didiknya untuk masuk perguruan tinggi serta mengajak yang belum masuk perangkingan untuk berbenah dan memperbaiki lebih baik.
d.Dan pastinya UTBK 2021 tetap murni nilai masing-masing peserta, tidak ada sangkut pautnya dengan rangking sekolah UTBK 2020 ini.

mwi masuk top 1000 dengan peringkat Nasional 744, peringkat provinsi 132, dan kabupaten peringkat 8 dari 9 sekolah yang ada di kabupaten kebumen. berikut daftarnya;


1. Kemampuan Kuantitatif

2. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

3. Kemampuan Penalaran Umum

4. Pengetahuan dan Pemahaman Umum